Cara Mengetahui Produk Bisnis Kita Bagus atau Tidak - Baguskah Produk Saya ? "Om, saya mau jualan produk A. Masih bagus gak ya marketnya ?" "Om, saya kan jualan jaket tapi harganya yang pas berapa ya?".
Hehehhe... Ngaku aja deh, banyak di antara Kamu yang sering dapet pertanyaan kayak di atas kan.?
Jangan- jangan kau sendiri juga bertanya- tanya... Yap, sesuai pengalaman saya ya produk yang bagus, yang pas, yang ciamik untuk konsumen BUKAN yang MURAH..... BUKAN yang KEREN, dll
Tapi produk yang bagus buat konsumen itu yaitu produk yang menjadi SOLUSI dan BERMANFAAT
bagi mereka.Paham maksud saya ?
Jangan- jangan kau sendiri juga bertanya- tanya... Yap, sesuai pengalaman saya ya produk yang bagus, yang pas, yang ciamik untuk konsumen BUKAN yang MURAH..... BUKAN yang KEREN, dll
Tapi produk yang bagus buat konsumen itu yaitu produk yang menjadi SOLUSI dan BERMANFAAT
bagi mereka.Paham maksud saya ?
- Pembeli bahwasanya membeli MANFAAT bukan FITUR yang ada pada produk tersebut.
- Pembeli membeli produk atas dasar mencari SOLUSI untuk atasi sebuah duduk perkara pada diri mereka.
Gak percaya ?
Coba, misalkan Anda seorang designer atau buka jasa editing video. Tentu anda membutuhkan
sebuah SOLUSI yaitu perangkat editing yang mumpuni untuk pekerjaan Anda bukan ?
Contoh lagi, seorang wanita ingin membeli sepatu. Tentunya ingin mengatasi duduk perkara PEDE yang ada
pada dirinya.Sepatu tersebut menjadi SOLUSI atas duduk perkara pada wanita tersebut. Bisa
untuk pas ke kondangan, ke acara2 tertentu agar kliatan lebih rupawan dan elegan :)
Nah, hingga sini paham belum ?
Tanyakan pada diri kamu. Apakah produk kau itu menjadi "solusi" atas duduk perkara mereka ataukah hanya berbeda saja dari toko sebelah ?
Jika perbedaan yang ada bisa dilihat oleh kasat mata maka konsumen akan - membandingkan.
Tapi, bila produk anda tersebut memiliki sebuah "value" atau nilai yang tidak terlihat kasat mata &
hanya konsumen saja yang bisa melihatnya (ditangkap oleh kamu), maka percaya deh.. harga berapapun bakalan dibeli! :D